Sejarah Singkat

Profil

 

Sekolah Tinggi Ilmu Adab & Budaya Islam Riyadul  ‘Ulum Tasikmalaya atau disingkat STIABI Riyadul  ‘Ulum terletak di tengah hamparan tanah persawahan di sebuah Kampung Condong Kota Tasikmalaya Indonesia, Didirikan atas cita-cita para pendiri Pondok Pesantren Riyadul  ‘Ulum Wadda’wah Condong pada tahun 2018. Atas proses yang telah dilakukan mulai dari visitasi lapangan dan uji kelayakan perguruan tinggi pada akhirnya Menteri Agama RI memberikan izin operasional kepada STIABI Riyadul  ‘Ulum untuk melaksanakan proses perkuliahan dan diresmikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat H. Uu Ruzhanul Ulum pada tanggal 24 Agustus 2019. Turut hadir pada Grand Launching dan Peresmian STIABI Walikota Tasikmalaya Drs. H. Budi Budiman, Rektor Universitas Darussalam Gontor Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi, MA. Kasubdit Kementerian Agama RI Muhammad Adib Abdushomad, M.A., M.Ed., Ph.D. dan sejumlah pejabat setempat.

STIABI Riyadul  ‘Ulum merupakan perguruan tinggi yang unik dibanding perguruan tinggi semacamnya di tanah air. Unik karena menerapkan sistim perguruan tinggi pesantren dan asrama (boarding system) yang didesain untuk pembelajaran yang efektif dan efisien. Di dalam sistim perkuliahan, Bahasa Arab dan Inggris Selain Bahasa Indonesia digunakan sebagai pengantar pengajaran dan komunikasi di antara dosen dan mahasiswa, Juga terdapat kitab turats yang dikaji dan menjadi matakuliah kepesantrenan dan menjadi ciri khas dari STIABI ini.

Selain itu, STIABI Riyadul  ‘Ulum juga telah mengadopsi sistem asrama total di mana masjid, asrama, ruang kuliah, perpustakaan, laboratorium, lapangan olah raga, rumah dosen dan fasilitas lainnya berada di dalam kampus, sehingga menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pembelajaran dan interaksi intensif antara mahasiswa dan dosen. Sistem asrama eksklusif ini secara signifikan menjanjikan untuk penanaman nilai-nilai Islam seperti persaudaraan, ketulusan, kesederhanaan, toleransi, semangat kemandirian, kepemimpinan, dll. Dengan sistem pendidikan tinggi yang terintegrasi ini STIABI Riyadul  ‘Ulum dirancang untuk mewujudkan visi dan misinya.

Perguruan Tinggi Pesantren yang dikembangkan di STIABI merupakan sebuah sistem kelembagaan pendidikan tinggi islam yang menawarkan program akademik dan profesional yang relevan dengan studi islam di dalamnya, para mahasiswa dapat hidup, belajar dan beraktivitas secara kreatif dalam lingkungan pesantren dengan mengacu kepada panca jiwa pondok yaitu, keikhlasan, kesederhanaan, berdikari, Ukhuwah Islamiyah dan kebebasan; dan pilar-pilar perjuangan pondok yaitu; keikhlasan, kebersamaan, mujahadah, istiqamah dan kesabaran serta taat menjalankan dan menegakkan syari’at Islam, berkhidmat kepada bangsa dan negara; mampu mandiri dalam memelihara, memperdalam dan mengembangkan ajaran agama Islam dan ilmu pengetahuan bagi kesejahteraan ummat lahir bathin, dunia akhirat dan meningkatkan kwalitas sumber daya manusia muslim Indonesia. Ketua STIABI saat ini adalah Dr. Agus Mulyana, M.Hum. membawahi dua Program Studi yaitu Prodi Bahasa & Sastra Arab dan Sejarah Peradaban Islam.


Share: