Tingkatkan Kualitas Dosen, Prodi BSA STIABI Riyadlul Ulum Ikuti PEKERTI Di Unida Gontor

17/03/2020 | 9 kali | Berita

 

Prodi Bahasa & Sastra Arab STIABI yang diwakili oleh ketua prodi Agus Riyadi, S.Pd.I, M.Pd mengikuti workshop bertemakan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) di Gedung Terpadu Universitas Darussalam Gontor yang dilasanakan selama enam hari dari tanggal 02 sampai 07 Maret 2020.

Workshop yang di buka Rektor 1 UNIDA Gontor Assoc. Prof. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Phil. ini diikuti sebanyak 50 orang dosen yang terdiri dari Program Studi (Prodi) yang ada di Universitas Darussalam Gontor, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, STKIP Modern Ngawi dan STIABI Riyadlul ‘Ulum Tasikmalaya.

Ketua panitia workshop, Ricky Wirakanda, S.Pd. menjelaskan bahwa ada beberapa materi yang nantinya disampaikan oleh masing-masing narasumber yaitu Prof. Dr. Achmadi Susilo, M.Pd., Dr. Pardji, M.Pd., Dr. Dr. Haryono, M.Pd dan Dr. Andri Pitoyo, M.Pd. Semuanya adalah staff ahli LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur.

Untuk hari pertama, Senin (02/03) ada tiga materi dibahas yakni membahas tentang pendidikan sebagai sistem dan jenjang karir dosen di perguruan tinggi, dilanjutkan dengan Teori pembelajaran orang dewasa dan motivasi pembelajaran mahasiswa.

Pada hari kedua, Selasa (03/03) ada tiga materi yaitu taksonomi tujuan pembelajaran, analisa pembelajaran (CPMK, KA/Sub-CPMK, Indikator) serta strategi pembelajaran berorientasi KKNI dan SN-Dikti.

Sedangkan hari Ketiga, Rabu (04/03) ada empat materi yang dibahas yakni membahas tentang penilaian hasil pembelajaran berlandaskan SN-Dikti, analisis pembelajaran (CPMK, KA/Sub-CPMK, Indikator), penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Rencana Tugas Mahasiswa (RTM) berdasarkan SN-Dikti dan penjelasan tugas berstruktur, serta penjelasan tugas pembuatan analisis pembelajaran mata kuliah dari CPMK menjadi Kompetensi Akhir yang Diharapkan (KAD), dari KAD menjadi indikator menggunakan pola hirarkhis, prosedural, pengelompokan atau kombinasi.

Hari keempat, Kamis (05/03) membahas tentang metode pembelajaran inovatif bagi mahasiswa dan media pembelajaran serta sumber belajar. Yang dilengkapi dengan simulasi penggunaan nya dalam KBM perkelompok.

Dan hari kelima Jum`at (06/03) digunakan untuk praktek pembuatan pemetaan analisis pembelajaran, Penilaian atau Evaluasi Pembelajaran, Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), RPP, kontrak kerja dan team teaching. 

“Pada hari Keenam, Sabtu (07/03) dilaksanakan persentase produk analisis pembelajaran dan presentase draf RPS, RPP dan Feer Teaching. Kemudian dilanjutkan dengan photo bersama pemateri dan penutupan kegiatan.

Pada penutupan workshop akan diisi dengan laporan hasil workshop PEKERTI,” jelasnya.

Acara ini ditutup oleh Rektor Universitas Darussalam Gontor Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A. Beliau mengungkapkan workshop yang ditujukan untuk para dosen ini adalah sebagai bekal untuk lebih menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan agar lebih baik lagi kedepanya. Paling tidak melalui workshop ini juga akan mampu meningkatkan kualitas mutu lulusan.

“Karena melalui workshop ini, para dosen akan lebih bisa mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) lebih baik lagi nantinya. Bahkan lebih mampu meningkatkan kompetensi dalam mendidik. Workshop ini baru sebatas pelatihan dasar buat para dosen. Jika ingin sepenuhnya bisa berkompetisi, maka para dosen dalam mengajar harus lebih profesional, dan mampu merealisasikan hasil penelitian dengan baik. Para dosen yang telah mengikuti kegiatan workshop dan tugasnya akan dibagikan sertifikat,”

Kesimpulan terpenting dari workshop ini bahwasannya Seorang dosen adalah pendidik profesional yang ilmuan dengan melaksanakan tridharma perguruan tinggi. Semakin banyak seorang dosen melakukan penelitian, maka ia semakin profesional. Begitu ungkapan Prof. Dr. Achmadi Susilo, M.S.[]


Share: