STIABI Riyadlul Ulum Melakukan Studi Pengayaan Lapangan di Jakarta

19/10/2019 | 61 kali | Berita

 

Mahasiswa STIABI Riyadlul Ulum Prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI) melakukan Praktikum ke beberapa tempat di DKI Jakarta. Kegiatan rutin tiap semester ini berlangsung selama dua hari tiga malam dan diikuti seluruh Mahasiswa SPI semester tiga beserta Dosen dan Pimpinan Pondok, KH. Diding Darul Falah.

Rombongan Mahasiswa Prodi SPI STIABI Riyadlul Ulum mulai bertolak ke Jakarta pada Selasa malam (15/10/2019). Esoknya, tepat pukul 08.00 WIB mereka tiba di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Di sana, Mahasiswa STIABI mengikuti kuliah bersama para mahasiswa UIN Jakarta yang diampu oleh Dr. Fu`ad Jabali, M.A. Selepas perkuliahan, acara dilanjutkan dengan diskusi bersama HIMASPI dengan HMJ SPI UIN.

Setelah dari UIN, Mahasiswa STIABI melanjutkan kegiatan dengan mengunjungi El-Bukhori Institute sekitar pukul 11.00 WIB. Di sana kedua belah pihak melakukan MoU dan diskusi tentang bagaimana memahami hadis yang tersebar di masyarakat tentang jihad  dan cara menerbitkan buku.

Pukul 20.00 WIB rombongan melanjutkan perjalanan ke Ponpes Darussunah. Di sana STIABI kembali melakukan MoU dan mengikuti kegiatan diskusi serta belajar bersama Mahasiswa dengan kitab yang dikaji yakni "Bidayatul Mujtahid".

Keesokan harinya, tepat pukul 08.00 WIB Mahasiswa STIABI meluncur ke ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) yang terletak di Jakarta Selatan. Di sana mereka menyimak pemaparan dari pihak ANRI tentang bagaimana cara mencari arsip-arsip bersejarah. Setelah itu, Mahasiswa diberi tugas untuk mencari arsip yang berkenaan dengan Pesantren Condong. Acara berakhir pada pukul 13.00 WIB.

Praktikum dilanjutkan ke PerpusNas (Perpustakaan Nasional) yang berlokasi di Jl. Merdeka, Jakarta Pusat. Di sana Mahasiswa STIABI melakukan pendaftaran anggota, lalu mengerjakan tugas dari Dosen yaitu mencari koran atau majalah yang berbahasa Arab Pegon dan Belanda zaman dahulu.

Setelah itu, sekitar pukul 17.00 WIB Mahasiswa STAIBI menuju destinasi terkahir, yakni Kota Tua untuk melihat kemegahan arsitektur tata kota pada zaman Belanda sampai pukul 20.00 WIB.

Kamis malam (17/10/2019), rombongan STIABI Riyadlul Ulum melangsungkan perjalanan pulang dan tiba di Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah pada pukul 05.30 WIB.[Lena]

 


 

 


Share: