STIABI Riyadlul ‘Ulum delegasikan Kaprodi BSA untuk aktif menjadi Presenter dalam PINBA XII

21/10/2019 | 63 kali | Berita

 

Sebagai bahasa internasional yang telah digunakan secara resmi oleh Persyarikatan Bangsa-bangsa (PBB) sejak tahun 1973, bahasa Arab merupakan bahasa yang dipilih Allah SWT untuk menjadi bahasa kitab suci-Nya, yaitu al-Quran. Dipilihnya bahasa Arab sebagai bahasa al-Quran bukan semata-mata karena Nabi Muhammad SAW orang Arab dan masyarakatnya berbahasa Arab,  melainkan juga karena kehebatan, keagungan, dan keindahan bahasa Arab sendiri dalam penyampaian makna dan pesan Alquran. “Sesungguhnya Kami menurunkannya sebagai Quran berbahasa Arab, agar kamu mengerti/memahami” (QS Yusuf [12]: 2).

Bahasa Arab Alquran sarat dengan dimensi kemukjizatan yang menarik dikaji dan didalami. Karena Alquran diyakini mengandung kemukjitan dari segi syariah, isyarat ilmiah, kebahasaan dan kebalaghahan (al-lughah wa al-balaghah). Jika demikian halnya, maka bahasa Arab Alquran itu menjadi sebuah keniscayaan untuk dipahami dan dinarasikan. Bahkan penurunan Alquran dengan bahasa Arab juga diorientasikan agar bahasa, substansi, dan maknanya dapat menjadi pelajaran bahasa umat manusia.

Kebutuhan Umat Islam terhadap pembelajaran Bahasa Arab merupakan kebutuhan yang senantiasa mendesak. Hal ini karena Bahasa Arab merupakan bahasa yang tidak mungkin dilepaskan dari kehidupan Umat Islam di seluruh dunia, dimana Bahasa Arab bukan merupakan bahasa yang dimiliki oleh golongan orang Arab semata, melainkan ia adalah bahasa Umat Islam di seluruh dunia. Maka sudah seyogyanya umat Islam di seluruh dunia mempelajari dan senantiasa belajar bahasa Arab agar dapat memahami agama Islam dengan baik.

Ittihadu Mudarrisi Al-Luthghoh Al-Arabiyah atau biasa disebut IMLA Indonesia sebagai wadah profesional yang menaungi para pakar bahasa Arab se-Indonesia, senantiasa mengadakan seminar-seminar bahasa Arab baik level Nasional maupun Internasional guna mengumpulkan para tokoh dan pakar bahasa Arab guna berbagi berbagai pengalaman, menyatukan ide, menjalin ukhuwah dan menguatkan komitmen serta menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada dalam pembelajaran Bahasa Arab sekaligus memberikan berbagai terobosan-terobosan baru dalam metodologi pembelajaran bahasa Arab dan keterampilan kebahasaan serta berbagai penelitian kontemporer bahasa Arab.

Sebagai wujud komitmen tersebut, setiap tahunnya, IMLA mengadakan PINBA atau Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab. Tahun 2019 ini, IMLA Indonesia kembali mengadakan Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab ke 12 (PINBA XII) yang bertempat di Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung pada tanggal 16 – 18 Oktober 2019 dengan tema: تعزيز دور اللغة العربية فى الحضارة والتربية: بين الواقع والمأمول “Strengthening the Role Arabic Language in Civilization and Education: Reality and Expectation” atau memperkuat peran bahasa arab dalam peradaban dan pendidikan: antara realitas dan harapan.

cara ini dihadiri oleh para perwakilan civitas akademi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, dan Bahasa dan Sastra Arab, dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Indonesia dan beberapa negara-negara Arab seperti Arab Saudi, Mesir, Maroko, Malaysia, Singapore, dan Brunei Darussalam. Serta para pakar bahasa Arab dari dalam dan luar Negeri, seperti Drs. Ahmad Fuad Efendi, MA, Prof. Dr. Syamsul Hadi, Prof. Dr. Sangidu, Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd, Prof. Dr. Hasan Bukhari dari Universitas Ummul Quro Madinah, Prof. Dr. Fawwaz dari Markaz King Saud Likhidmatil Lughoh Al-Arabiyah, Dr. Aly Ma’youf dari Markaz Buhust wa Tawasul Ma’rifi dan Pemerintah Kota Bandung yang memfasilitasi gala dinner di Pendopo Bandung.

Program Studi BSA STIABI sebagai sebagai salah satu anggota IMLA mengirimkan delegasinya yaitu Ust. Agus Riyadi, S.Pd.I, M.Pd.I, Ketua Prodi BSA sebagai perwakilan guna mengikuti rentetan kegitan PINBA XII Bandung dan juga berkesempatan menyampaikan presentasi makalah dengan judul, “تصميم المواد التعليمية لدروس اللغة العربية لأغراض خاصة فى مجال علم الأدب العربي (قسم اللغة العربية وآدبها بجامعة رياض العلوم أنموذجا)"

Hadir membuka acara PINBA XII ini Rektor UNPAD Prof. Dr. Rina Indiastuti, M. SIE. Beliau mengatakan dalam sambutannya, “Setelah acara ini harus ada rekomendasi yang diberikan demi kemajuan bahasa arab dalam peradaban dan pendidikan”. (azam)

 


Share: