Prodi BSA STIABI Riyadlul `Ulum Raih Prestasi Tingkat Nasional Pada Acara Sukarabic Fest di UIN Sunan Kalijaga Yogyakart

14/08/2021 | 40 kali | Berita

 

 

 Bahasa Arab sebagai salah satu bahasa sumber keilmuan dan khazanah kebudayaan senantiasa berkembang dari masa ke masa. Di samping itu, bahasa Arab juga sebagai bahasa sumber ajaran agama Islam yaitu Al-Qur’an, sehingga menjadi bahasa yang selalu dikaji oleh sebagian besar umat manusia di dunia. Seiring dengan perkembangannya, bahasa Arab terus mengalami diaspora dalam artian bahasa Arab berkembang melalui berbagai ragam nuansa dan budaya dalam upaya pengejawatahan pengkajiannya, diantaranya melalui sastra, keseniaan, keilmuan, bahkan kebudayaan.


     Dalam rangka mengembangkannya, BSA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan perlombaan Bahasa Arab antar perguruan tinggi mulai dari tanggal 2 Agustus-12 Agustus 2021.
     Pada acara tersebut, seluruh mahasiswa jurusan Bahasa Arab di Indonesia, Baik Pendidikan Bahasa Arab ataupun Bahasa dan Sastra Arab semarak mengikuti perlombaan yang diadakan oleh BSA UIN Sunan Kalijaga ini
Dan perlombaan ini juga terdapat 5 mata lomba, yaitu Pidato Bahasa Arab, Puisi Bahasa Arab, Essay Bahasa Arab, Debat Bahasa Arab dan Menyanyi Bahasa Arab. Karena perlombaan ini diadakan secara daring, maka peserta setiap mata lomba pun wajib mengumpulkan video karyanya ke Google Form ataupun Google Drive yang disediakan oleh panitia dan diunggah di youtube untuk penjurian. Terkecuali Debat Bahasa Arab yang menggunakan aplikasi zoom karena langsung melawan lawannya masing-masing dengan beradu argumen
     BSA STIABI Riyadlul `Ulum juga mengutus beberapa mahasiswa-mahasiswinya untuk ikut serta dalam perlombaan ini diantaranya:
Pidato Bahasa Arab

1. Ade Adin Sahruddin (Semester 1)

2. Neng Fitria (Semester 5)
Essay Bahasa Arab

1. Samsul Bahri (Semester 5)

2. Ahmad Sobri Maulana (Semester 3)
Puisi Bahasa Arab

1. Fahmi Alfazri (Semester 1)

2. Hesti Suci Lestari (Semester 5)
Menyanyi Bahasa Arab

1. Danes Utari (Semester 5)

2. Salwa Tsabitah (Semester 1)

3. Farel Luthfi Firdaus (Semester 1)
Debat Kelompok 1 

1. Refa Mughni Labib

2. Rifqy Fikrun Najahy

3. Wijdan Faiq
Debat Kelompok 2 

1. Nadya Nur Ramdani

2. Wafa Amaliah Shofia

3. Tazkia Haq

     Dan dari kelima mata lomba tersebut, Alhamdulillah BSA STIABI Riyadlul `Ulum meraih Juara ke 3 Pidato Bahasa Arab yaitu Ade Adin Sahruddin Mahasiswa Semester 1.
     Segenap Prodi BSA STIABI Riyadlul Ulum Tasikmalaya mengucapkan selamat dan syukur kepada Ade Adin Sahrudin Mahasiswa BSA 1 yang telah berprestasi pada lomba pidato nasional yang diselenggarakan oleh Prodi BSA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada acara Sukarabic Fest 2021. (SB)


Share: