Primitif Teknologi, gaya gaya lama di nuansa modern

20/11/2020 | 18 kali | Berita

Oleh :Muhammad Badrudin
Primitif teknologi merupakan suatu istilah untuk beberapa alat yang digunakan dalam kehidupan sehari hari yang masih belum tersentuh oleh pengaruh dunia modern yang banyak menggunakan teknologi terbarukan atau masih menggunakan alat yang bersumber dari alam. Dan mengenai wacana primitif teknologi ini sebenarnya sudah populer di channel youtube, yang dikembangkan oleh seseorang yang berasal dari Australia yang bernama John Plant, beliau membuat channel youtube yang diberi nama PRIMITIF TEKNOLOGI. Dia membuat videonya tersebut di far north queensland, yang mencoba mengeksplorasi berbagai bahan-bahan yang ada di daerah sekitar untuk memenuhi kebutuhan hidup dan juga menunjukkan proses pembuatan alat dan bangunan hanya menggunakan bahan yang ditemukan di alam liar. Channel ini pertama kali dibuat pada mei 2015. Video pertama diunggah pada tanggal 1 Mei 2015. Sejak saat itu, setiap videonya telah mengumpulkan jutaan tayangan. Channel ini mengumpulkan 5,4 juta pelanggan dan 350 juta tampilan pada September 2017,meningkat menjadi 8,7 juta pelanggan dan 615 juta tampilan pada September 2018.
Dalam korespondensi dengan Michelle Castillo dari CNBC pada tahun 2017, Plant menyatakan bahwa ia berusia pertengahan 30-an. John plant juga mengatakan bahwa dia membuat channel tentang primitif teknologi ini hanya sekedar hobi belaka dan juga dia menyatakan bahwa sebenarnya dia itu tidak sepenuhnya berada di alam dan juga bukan berarti dia tidak mempunyai rumah seperti orang kebanyakan. Dia mengatakan bahwa dirinya itu makan makanan modern dan juga tinggal dirumah yang modern, tidak tinggal di rumah primitif yang dibuatnya dan diapun juga mengatakan bahwa sebenarnya dia itu tidak mempunyai darah keturunan dari suku Aborigin dan juga belum pernah mendapatkan pelatihan dari angkatan laut. Diapun mengungkapkan bahwa dirinya pernah masuk universitas dan juga telah mendapatkan gelar Bachelor of Science tetapi "tidak melakukan apa-apa dengan itu", dan malah memotong rumput untuk hidup sambil pergi ke semak-semak di waktu luangnya untuk berlatih hobinya. Dia menyatakan ketertarikannya untuk hidup dari alam dimulai pada usia muda: pada usia 11, ia akan membuat pondok-pondok di sekitar anak sungai di belakang rumahnya hanya menggunakan bahan-bahan alami.
Dalam membuat videonya yang berkisar selama 15 menit tersebut Plant hanya menggunakan celana biru pendek dan dikenal orang-orang dengan sebutan “the man” karena sebelumnya dia tidak pernah menyebutkan identitas dirinya. Tetapi, setelah Plant mengadukan keluhannya pada Facebook, karena dia kehilangan pendapatan secara berkala karena videonya tersebut dibagikan di Facebook oleh seseorang tanpa atribusi yang tepat. Dalam pengaduannya, ia mengklaim telah kehilangan A $ 39.000 ($ 28.446; £ 22.080) dari satu video "yang dicuri" saja.
Selain channel youtube milik John Plant masih ada juga akun media sosial yang lainnya , yang menggambarkan kehidupan di alam liar. Yang sebenarnya channel mereka itu mungkin terinspirasi dari channel primitif teknologi karya John Plant ini. Seperti salah satu channel milik Huy Dong yang menontonkan tentang keterampilan primitif yang berada di pedesaan Vietnam dan yang lainnya .Video Mr Dong telah dilihat lebih dari 32 juta kali dan memanfaatkan bahan alami di Vietnam. Dalam serangkaian video, Tuan Dong mendemonstrasikan bagaimana cara membangun sawah dengan menggunakan bambu untuk mengalirkan air dari air terjun untuk membanjiri area tanah yang digali.
Di luar YouTube, komunitas online telah mengembangkan berbagai video ini. Di Reddit, komunitas / r / PrimitiveTechnology memiliki lebih dari 26.000 pelanggan. Sub-Reddit ini adalah forum aktif dan mendukung bagi penggemar untuk berbagi saran, pencapaian, dan menganalisis penambahan terbaru pada kanon teknologi primitif. Jordon - yang dikenal di Reddit sebagai CavemanTechSupport - adalah salah satu penggemar tersebut. Dia mengatakan setelah melihat video Mr Plant, dia "jatuh cinta dengan ide menciptakan sesuatu yang sangat keren dengan apa pun kecuali lingkungan Anda".
Berkaca pada daya tarik video-video ini, Jordon mengatakan: "Sebagian besar dari kita tidak ingin kembali ke zaman batu tetapi hanya untuk mengingatkan masyarakat tentang waktu yang lebih sederhana ketika seseorang bisa keluar dan hidup tanpa apa-apa selain pikiran dan alam mereka. "Hal-hal yang kita buat membumikan kita dan mengikat kita ke dunia yang selalu melayang ke arah buatan."


Share: