Persiapkan Tugas Akhir Skripsi, Prodi BSA Adakan Ujian Bahasa/TOAFL

16/04/2021 | 44 kali | Berita


     STIABI Riyadlul `Ulum – Bahasa Arab adalah bahasa umat Islam karena merupakan Bahasa Ayat Suci al-Qur’an. Tanpa bisa dipungkiri Bahasa Arab telah berkembang di seluruh dunia Islam, bahkan di dunia Barat. Banyak sekolah-sekolah maupun  perguruan tinggi Islam yang sudah mulai menaruh perhatian terhadap pentingnya bahasa Arab. Karena sejatinya banyak ilmu Agama maupun sains yang datang dari bahasa arab.


     Prodi Bahasa & Sastra Arab (BSA) kembali memiliki agenda penting dalam minggu-minggu ini. Agenda tersebut adalah ujian bahasa Arab. Ujian bahasa merupakan syarat wajib yang harus dilalui oleh seluruh mahasiswa Prodi BSA STIABI Riyadlul `Ulum. Khususnya bagi mereka yang duduk di semester VI. Ujian bahasa tersebut diadakan pada hari Jum’at, tanggal 16 April 2021 yang bertepatan dengan 4 Ramadhan 1442.


     Turut hadir pada pembukaan ujian bahasa ini Al Ustadz M. Ridwan, M.Pd, selaku Ketua STIABI, Al Usatdz Agus Riyadi, M.Pd selaku Ketua Prodi BSA, Al Ustadz Rahmat Mulya Nugraha, M.Pd dan Al Ustadz Faiz Azhari, M.Pd selaku dosen dan pengawas Ujian.

     Dalam sambutannya, Al Ustadz Agus Riyadi, M.Pd menyampaikan bahwa ujian ini memperlihatkan seberapa besar kemampuan mahasiswa dalam menguasai bahasa arab terutama pada keterampilan berbahasa "al-Maharat al-Lughawiyah al-Arba`ah". materi ujian pada ujian ini mencakup ta`bir kitabi, fahmul madzmun / muthola`ah dan tarjamah aplikatif begitu ujar beliau. Selain itu, tujuan diadakan ujian ini untuk membantu kemampuan mahasiswa dalam menulis tugas akhir yaitu skripsi.

     Sementara Al Ustadz M. Ridwan, M.Pd mempertegas urgensi daripada ujian ini, supaya diikuti dengan baik karena ini sangat penting. "Idza Akhtoa lughatul Ustadzi, Falam yasih lughata at Talamidzi" karena selain sebagai mahasiswa, kalian juga sebagai guru yang akan diikuti oleh para santri, ujarnya.
Pembukaan ujian ini di mulai pada pukul 08.00 dan ditutup dengan doa oleh Ust. Rahmat dan dilanjutkan dengan ujian bahasa yang mencakup tiga materi tersebut. Semoga kita senantiasa mencintai bahasa arab dan bisa meningkatkan kemampuan bahasa al qur`an ini dengan baik. Barakallah Fiekum. (AKA).


Share: