Mahasiswa Prodi BSA Semester 5 Adakan SPL Ke Malang

13/11/2022 | 32 kali | Berita

Mahasiswa Prodi BSA Semester 5 Adakan SPL Ke Malang

 

     Pada tanggal 07 November sampai dengan 09 November Mahasiswa Prodi BSA Semester 5 Adakan Studi Pengayaan Lapangan (SPL) Ke Malang. Berlatar belakang tridharma perguruan tinggi nomor tiga yaitu pengabdian pada masyarakat maka mahasiswa dituntut untuk mempersiapkan diri dengan bekal ilmu pengetahuan dan pengalaman guna mampu mengabdi pada masyarakat serta banyak menghasilkan produk kajian ilmu pengetahuan dari penelitian yang mana hal tersebut akan menjadi aset berharga untuk kemajuan peradaban dan pengetahuan masyarakat dan oleh karena itu menjadi alasan Mahasiswa Prodi BSA Semester 5 Adakan SPL Ke salah satu tempat yang dijadikan bahan penelitian yaitu ke Malang.

     Tempat kunjungan pertama adalah Pondok Pesantren Sabiilurosyad yang berada di jalan Candi VI C  No. 303, Dusun Gasek, Desa Karang Besuki, Kec Sukun, Kota Malang.pondok pesantren ini merupakan pesantren yang menjadi tempat mencari ilmu Ust Mohammad Ridwan selaku Ketua perguruan kami STIABI Riyadlul Uum, selama kurang lebih 7 tahun lamanya. Pondok pesantren ini merupakan pondok pesantren salafi yang sangat kental dengan pembelajaran kitab kuning klasiknya,serta terkenal akan tatakrama sopan santunnya. Disana kami bertemu langsung dengan pimpinan pondok pesantren yaitu K.H Marzuki Mustamar dan Alhamdulillah dari hasil silaturahmi ini kami banyak mendapatkan nasihat atau wejangan kehidupan dari beliau.

     Kunjungan ke dua adalah Rumah Al Qur’an dan Bahasa Arab Al -Manhal Malang atau sering disebut Rumah Maiyah Al-Manhal, tempat ini terletak di Perumahan Landungsari Asri Blok D Nomor 77 Kota Malang, didirikan oleh Ahmad Fuad Effendi atau sering disebut Cak Fuad. Tujuan dan fokus utama kegiatan Rumah Maiyah Al-Manhal adalah pembelajaran Al-Qur’an dan Bahasa Sehingga dari pembelajaran tersebut diharapkan akan melahirkan masyarakat yang cinta pada Allah dan Anfa’uhum linnas melalui tadabbur Quran dan bahasa Arab.

     Dalam pelaksanaan kegiatan ini cak Fuad ditemani oleh Ustadz Muhaiban, Beliau adalah  rekan Cak Fuad mengajar Bahasa Arab di Universitas Negeri Malang (UM), Dan berawal dari Al-Manhal ini Cak Fuad telah menerbitkan Al Qur’an tadabbur yang di dalamnya terdapat pengkajian yang lebih mendalam mengenai pemahaman isi dari Al Qur’an .

 

     Kunjungan terakhir adalah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang,Penamaan UIN Malang dengan Maulana Malik Ibrahim diambil dari nama salah seorang Walisongo yang dikenal sebagai Sunan Gresik, tokoh penyebar agama Islam di Jawa. dan menjadi salah satu kampus yang bertema Islam terbaik di indonesia. Disana kami berkunjung ke gedung fakultas humaniora dan disambut langsung oleh Himpunan mahasiswa BSA UIN Malang, disana kami bertemu dengan bapak kaprodi BSA UIN Malang yaitu Dr. Abdul Basid, S.S., M.Pd.dan sekretarisnya yaitu Moh.Zawawi,M.Pd.

     Dalam pertemuan itu mereka banyak memberikan pengarahan dan motivasi kepada kita terlebih untuk bisa menjadikan STIABI lebih maju dan berkembang melalui prestasi dan kemampuan mahasiswa.

     Disamping itu kami melakukan MOU dengan pihak BSA UIN Malang sendiri supaya ada kerja sama dan saling berkontribusi dalam dunia pendidikan. Kami juga mengunjungi perpustakaan yang berada di sana, Lokasi gedung perpustakaan tepat berada di belakang Gedung Rektorat, Sebagai perpustakaan perguruan tinggi, Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim melayankan koleksi dalam format cetak dan digital. Sedangkan koleksi jurnal elektronik berlangganan yang hanya dapat diakses secara eksklusif oleh sivitas akademika UIN Malang.

     Dan perpustakaan ini juga memiliki Layanan e-resources yang  memuat buku-buku akses terbuka dengan beragam subyek keilmuan. Buku-buku yang diunggah adalah buku-buku berlisensi terbuka dan dapat diakses oleh publik, sehingga kami memiliki gambaran akan sumber bacaan untuk menyusun skripsi ataupun penyusunan penelitian yang lainya.

     Tentunya dari kunjungan kebeberapa tempat di Malang kami merasa senang dan bersyukur akan banyak sekali ilmu pengetahuan dan pengalaman yang bisa kita ambil, sehingga wawasan dan pengetahuan kami lebih terbuka dan dari sini kami berharap akan bisa menjadi mahasiswa yang wawasan luas dan bermanfaat bagi masyarakat. (Wafa Amalia Sofiah)


Share: