Kuliah Tamu Prodi BSA : Worldview Islam Sebagai Basis Pengembangan Epistemologi Bersama Dr. M. Kholid Muslih, M.A

16/04/2021 | 34 kali | Berita

 

     Kajian mengenai worldview masih menjadi hal yang menarik. Bukan saja karena segala aktivitas selalu didasari dengan asumsi dasar, namun juga bahkan fenomena pemikiran epistemologi sainstis dan agama juga dapat diberi penjelasan yang sekiranya bisa dikatakan mencerahkan. Maka dari itu, urgensi akan studi yang menggunakan worldview sebagai kacamata dan pisau analisa tidaklah berlebihan. 

     Perkembangan epistemologi tak lepas dari perkembangan pemikiran manusia itu sendiri. Artinya, sains dan aktivitas saintis juga terkait dengan pemikiran yang berupa asumsi dasar dari pelaku sains tersebut. Hal tersebut juga terdapat dalam fenomena para peneliti yang melakukan studi agama.   

     Tentunya, memposisikan agama sebagai objek studi bukan merupakan hal yang mudah. Karena agama memiliki banyak variabel yang terkait seperti pemeluk agama, konsep kebenaran, bahkan juga pemikiran filosofisnya.
     Untuk mengkaji lebih dalam mengenai worldview islam sebagai basis pengembangan cara berfikir ilmuwan, Prodi BSA STIABI mengadakan kuliah tamu virtual melalui aplikasi zoom. 
Kuliah tamu ini disampaikan oleh Dr. M. Kholid Muslih, M.A. Direktur Pascasarjana Universitas Darussalam Gontor. Di hadiri oleh para dosen dan seluruh mahasiswa.

     Alhamdulillah berkat pertolongan Allah acara ini berjalan lancar dan sukses digelar dari awal sampai dengan akhir acara disertai pertanyaan pertanyaan kritis dari peserta kuliah tamu. (AKA)


Share: