Kembali Tampil Menjadi Presenter, Prodi BSA STIABI Sukseskan PINBA XIII

08/11/2021 | 35 kali | Berita



     Kebutuhan Umat Islam terhadap pembelajaran Bahasa Arab merupakan kebutuhan yang primer. Hal ini karena Bahasa Arab merupakan bahasa yang tidak mungkin dilepaskan dari kehidupan Umat Islam di seluruh dunia, dimana Bahasa Arab bukan merupakan bahasa yang dimiliki oleh golongan orang Arab semata, melainkan ia adalah bahasa Umat Islam di seluruh dunia. Maka sudah seyogyanya umat Islam di seluruh dunia mempelajari dan senantiasa belajar bahasa Arab agar dapat memahami agama Islam dengan baik. 

     Ittihadu Mudarrisi Al-Luthghoh Al-Arabiyah atau biasa disebut IMLA Indonesia sebagai wadah profesional yang menaungi para pakar bahasa Arab se-Indonesia, senantiasa mengadakan seminar-seminar bahasa Arab baik level Nasional maupun Internasional guna mengumpulkan para tokoh dan pakar bahasa Arab guna berbagi berbagai pengalaman, menyatukan ide, menjalin ukhuwah dan menguatkan komitmen serta menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada dalam pembelajaran Bahasa Arab sekaligus memberikan berbagai terobosan-terobosan baru dalam metodologi pembelajaran bahasa Arab dan keterampilan kebahasaan serta berbagai penelitian kontemporer bahasa Arab.


   

    Sebagai wujud komitmen tersebut, setiap tahunnya, tahun ini IMLA mengadakan PINBA atau Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab. Tahun 2021 ini secara virtual, IMLA Indonesia kembali mengadakan Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab ke 13 (PINBA XIII) yang bertempat di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangkaraya pada tanggal 3–4 November 2021 dengan tema: _Al-lughah Al Arabiyah Adabuha wa Tsaqofatuha fil Asri Roqminah_ "Bahasa Arab, sastra dan kebudayaannya di era digital".
    Acara ini dihadiri oleh para perwakilan civitas akademi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, dan Bahasa dan Sastra Arab, dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Indonesia dan beberapa negara-negara Arab seperti Arab Saudi, Mesir, Maroko, Malaysia, Singapore, dan Brunei Darussalam. Serta para pakar bahasa Arab dari dalam dalam maupun luar negeri secara virtual. Adapun secara offline yang hadir membuka acara ini ada Dr. Tulus Mustofa, Lc, M.A. selaku Ketua Umum IMLA, Prof. Dr. Ahsanuddin, M.Pd selaku Ketua Umum Asosiasi Prodi BSA-PBA Program Pascasarjana SE Indonesia dan rektor IAIN Palangkaraya selaku tuan rumah.

     Program Studi BSA STIABI sebagai sebagai salah satu anggota IMLA mengirimkan delegasinya yaitu Ust. Agus Riyadi, S.Pd.I, M.Pd.I, selaku ketua Prodi BSA dan dosen dosen Prodi BSA diantaranya Usth. Emas Masruroh, M.Pd dan Usth. Inayatul Maula, M.S.I. sebagai perwakilan guna mengikuti rentetan kegitan PINBA XIII Bandung dan juga berkesempatan menyampaikan presentasi makalah dengan judul masing-masing.


 

   Hadir membuka acara PINBA XIII Ketua Umum IMLA, Beliau mengatakan dalam sambutannya, “Setelah acara ini harus ada rekomendasi yang diberikan demi kemajuan bahasa arab dalam peradaban dan pendidikan. Dan semua dosen dan civitas akademika serta seluruh pecinta bahasa Arab jangan berputus asa untuk menyebarkan bahasa Al Qur`an ini meskipun dimasa pandemi”. (AKA)


Share: