Implementasikan Tridharma, Prodi BSA STIABI Ikuti Konferensi Nasional Bahasa Arab di Universitas Negeri Malang

23/10/2021 | 48 kali | Berita

Implementasikan Tridharma, Prodi BSA STIABI Ikuti Konferensi Nasional Bahasa Arab di Universitas Negeri Malang

     Bahasa merupakan suatu kebutuhan dasar dan penting bagi manusia, karena bahasa adalah media penyampai ide, gagasan, dan pikiran manusia dalam bentuk ucapan atau tulisan dengan maksud agar dipahami oleh orang lain. Seiring dengan perjalanan waktu kehidupan manusia ragam bahasa pun semakin banyak, diantaranya bahasa Arab, Inggris, China, Spanyol, Korea, Jepang, dan lain-lain.

     Diantara bahasa-bahasa dunia tersebut bahasa Arab menjadi bahasa tertua dan paling lama digunakan di dunia ini. Sejak al-Qur’an diturunkan dan agama Islam semakin berkembang, penutur bahasa Arab semakin bertambah hingga kini dituturkan oleh lebih dari 200.000.000 umat manusia. Bahasa ini digunakan secara resmi oleh kurang lebih 20 negara. Alasan lainnya karena bahasa Arab adalah bahasa kitab suci dan tuntunan agama umat Islam sedunia, maka tentu saja ia merupakan bahasa yang paling besar signifikansinya bagi milyaran muslim sedunia, baik yang berkebangsaan Arab maupun bukan Arab 

     Dalam rangka mengembangkan Bahasa dan Sastra Arab secara modern, maka Prodi BSA STIABI Riyadlul `Ulum mengadakan program penelitian dalam bidang pengembangan Bahasa dan Sastra Arab. Program ini diadakan agar mahasiswa dan dosen dapat menumbuh-kembangkan kreativitas dan kemampuan tulis menulis dalam penelitian ilmiah. 

     Sebagai bentuk laporan hasil penelitian tersebut, pada Sabtu 9 Oktober 2021 secara virtual melalui aplikasi zoom, Progam Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) STIABI Riyadlul `Ulum kembali mendelegasikan dua orang dosen untuk mempresentasikan hasil penelitiannya ke Konferensi Nasional Bahasa Arab (KONASBARA) ke-7 di Universitas Negeri Malang. Ini merupakan  hasil kolaborasi penelitian antar dosen dilingkungan Prodi Bahasa & Sastra Arab STIABI Riyadlul ‘Ulum Tasikmalaya. Pada Konasbara tahun ini diwakili oleh peneliti pertama yaitu Ust. Agus Riyadi, M.Pd dan Peneliti Kedua adalah Usth. Emas Masruroh, M.Pd. dengan mempresentasikan judul penelitan;

مشكلات تعليم التعبير العربي وحلولها في تحسين كفاءة الطلبة في الكلام (دراسة حالة: قسم اللغة العربية وآدابها بجامعة رياض العلوم تاسيكملايا))

     Konferensi ini dibuka oleh Dekan Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Sedangkan pembicara utama (Keynote Speaker) dalam konferensi ini ialah Prof. Dr. Sholeh bin Ahmad bin Abdullah Syahibani (Universitas Imam Imam Muhammad Saudi Arabia), Dr. Yusuf Ismaily (Rektor ISISKU For Foreign Speaker, Maroko) dan Prof. Dr. Muhammad Ainin (Guru Besar Jurusan Sastra Arab FS UM) dengan tema “Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Era Pandemi”. Konferensi ini juga dihadiri lebih dari 250 orang dosen, 124 Peneliti dari berbagai universitas di Indonesia, dan makalah yang dipresentasikan sebanyak 97 judul penelitian.

     Singkatnya, harapan yg bisa diambil dari kegiatan ini semoga dapat dijadikan wadah pengembangan kemampuan bagi dosen dan mahasiswa BSA dalam melaksanakan penelitian secara aktif, sekaligus menjadi  motivasi bagi pencinta bahasa arab untuk mengembangkan bahasa dan sastra Arab modern dan menjawab problematika pembelajaran bahasa dan sastra Arab yang ada di Indonesia. (AK)

 

 


Share: