HMP-BSA Ikuti Seminar Launching dan Bedah Buku Alfiyah

02/04/2021 | 35 kali | Berita


     Kamis, 1 April 2021 Himpunan Mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) STIABI Riyadlul `Ulum menghadiri undangan seminar launching dan bedah buku karya KH.  Ate Musodhiq Bahrum selaku dosen matakuliah kepesantrenan (Ilmu Nahwu - Alfiyah) hadir pada acara tersebut; Salam Muttaqin (BSA6), Samsul Bahri (BSA4), Asep Rifqi (BSA4), Wijdan Faiq (BSA2) dan Fahmi Ramdhani (BSA2).
Buku yang launching pada kesempatan ini berjudul "Belajar Alfiyah Versi Mudah" dihasilkan dari pembelajaran-pembelajaran beliau dengan para santrinya di Pondok Pesantren Raudhatul Muta`allimin Cilendek yang diupload di Kanal Youtubenya.
     Selain itu pada acara tersebut didemonstrasikan metode mengajar kitab alfiyah  dengan para santrinya langsung dengan melanjutkan pada Bab إبدال (bab yang terdapat dalam kitab alfiyah) disertai dengan menjelaskan kembali oleh beberapa santrinya. 

     Setelah itu dilanjutkan dengan metode pembelajaran Kitab Alfiyah dengan Bahasa Arab oleh Dr. Deding Zamakhsyari (Dosen IAID Darussalam Ciamis 2018 sekarang dosen Universitas Siliwangi) disertai dengan praktek muhadatsah (percakapan) beberapa dari santriwati yang dipilih dan praktek percakapan dengan menyebutkan nomor telepon masing-masing berbahasa arab.
     Buku tersebut mendapat apresiasi dari ulama-ulama bahkan para akademisi karena buku ini dapat memudahkan mahasiswa untuk belajar kitab alfiyah terutama dalam pembelajaran bahasa arab. Dan buku ini juga akan disebarkan ke seluruh pondok pesantren yang ada di Nusantara. (Intan)


Share: