Geliat Semangat Penelitian, LPPM STIABI Adakan Diseminasi Penelitian Jurnal Jazirah

20/12/2020 | 47 kali | Berita

Geliat Semangat Penelitian, LPPM STIABI Adakan Diseminasi Penelitian Jurnal Jazirah.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Ilmu Adab dan Budaya Islam Riyadul `Ulum melaksanakan kegiatan diseminasi penelitian dengan tema "Publikasi, Rekognisi Akademik, dan Tradisi Penelitian di Perguruan Tinggi" pada Ahad, 20 Desember 2020. 

Kegiatan diawali oleh paparan dari keynote speaker, Dr. Agus Mulyana, M.Hum, yang merupakan Dekan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia sekaligus Pembina STIABI Riyadul `Ulum. Acara yang dimoderatori oleh dosen SPI yaitu H. Deden Gumilang MN, M.Hum, menampilkan diseminasi 6 penelitian para akademisi dan peneliti dari STIABI Riyadul Ulum, Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Siliwangi.


Para presenter diseminasi penelitian yaitu sebagai berikut: 

1. Hana Mumtazia Nurhaq “Kemampuan Kesadaran Fonologis Siswa Berkesulitan Membaca” 
2. Irpan Iskandar, Dede Wahyu Firdaus "Pemikiran Deliar Noer Mengenai Gerakan Islam Modern Indonesia 1900-1942” 
3. Agus Riyadi موصفات كتاب اللغة العربية لأغراض خاصة في مجال علم الأدب العربي لتنمية مهارة الطلبة في القراءة لقسم اللغة العربية وآدابها بجامعة رياض ”العلوم تاسيكملايا. 
4. Siska Nurmalasari, “Pengaruh Model Flipped Classroom Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik kelas XI di SMAN 1 Bandung)”
5. Faiz Azhari, “Jama` Taksir dalam Q.S. Yasin (Analisis Perspektif Ilmu Nahwu)"
6. Ami Abdullah Fahmi, “Perkembangan Stasiun Pirusa 1987- 1988"


Kegiatan webinar di STIABI Riyadul `Ulum dihadiri oleh 78 peserta, yang terdiri dari berbagai kampus dan wilayah di Indonesia. 


Diantara lembaga pendidikan tinggi yang mengikuti kegiatan webinar ini berasal dari afiliasi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Malikussaleh, Universitas Mataram, Universitas Pasundan, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Siliwangi, Universitas Singaperbangsa Karawang, Universitas Jenderal Soedirman, IAIN Tulungagung, dan Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Falah Airmolek Indragiri. Adapun lembaga atau institusi lainnya adalah Yayasan Griya Qur`an Al-Madani Palembang, Dinas Ketahanan Pangan Banten, Disdikpora Kab. Pangandaran, PT Cerebrum Edukanesia Nusantara , Indonesian Exporter Association, TK Al-Munawwarah, SD Al Azhar Syifa Budi Parahyangan, SMP Terpadu Riyadlul Ulum Wadda`wah, SMPN 74, MTs. Muhajirin, dan MAN 1 Bekasi.


Kegiatan webinar yang dibuka oleh Ketua STIABI Riyadul `Ulum, Mohammad Ridwan, S.Pd.I., M.Pd., serta Ketua LPPM, Syarif Hidayat, M.Pd., merupakan buah kerjasama dan kolaborasi antara para panitia, pengelola jurnal serta mahasiswa STIABI. 


Materi diseminasi yang disampaikan merupakan penelitian yang beberapa waktu sebelumnya dipublikasikan Jurnal Jazirah: Jurnal Peradaban dan Kebudayaan Volume 1 Nomor 1 Tahun 2020. Untuk edisi selanjutnya, Jurnal Jazirah menerbitkan artikel dengan fokus cakupan kajian Sejarah, Bahasa, Sastra, dan Kebudayaan. Kajian bidang keilmuan sejarah mencakup sejarah dunia, sejarah Indonesia, dan sejarah peradaban Islam. 


Kajian pengembangan keilmuan mencakup kajian filsafat sejarah, teori dan metodologi, historiografi. Kajian bidang Bahasa dan Sastra mencakup kajian Sastra, Kajian Bahasa, Pembelajaran Bahasa (Penelitian Pendidikan), Linguistik Teoritis, Linguistik Terapan, dalam ruang lingkup Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Daerah. Kajian Kebudayaan mencakup berbagai tema sosial budaya di Indonesia maupun daerah.

Redaksi menerima artikel berbasis teori maupun penelitian. (Faizal)


Share: