Awali perkuliahan, HMP-BSA Adakan Kuliah Umum Kebahasaan Arab

26/07/2021 | 130 kali | Berita

  • Awali Perkuliahan, HMP-BSA Adakan Kuliah Umum Kebahasaan Arab

     Untuk mengawali kuliah di tahun akademik baru, HMP BSA STIABI mengadakan Seminar Ilmu Bahasa. Yang dilaksanakan pada Hari Senin, 19 Juli 2021 bertepatan dengan hari perkuliahan para mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab (BSA)  STIABI. Dan beberapa dosen BSA menyampaikan materi sesuai mata kuliah yang diampunya masing-masing.

     Dimana pada Seminar kali ini, Wakil Ketua I Bidang Akademik, Ust. Syahruzzaky Romadloni, MA.Ed. dalam sambutan pembukanya menyampaikan bahwa pentingnya belajar bahasa arab. Karena gudang ilmu keagamaan khususnya Islam, kita tidak bisa mendapatkan lebih kecuali dengan paham dan bisa bahasa Arab.
Setelah sambutan wakil ketua STIABI, pembawa acara menyerahkan acara kepada Samsul Bahri sebagai moderator pada acara Seminar Bahasa kali ini. Adapun para pemateri pada seminar tersebut yaitu :
- Ust. Agus Riyadi, M.Pd. (Keynote Speaker)
- Usth. Yulianti Hasani, M.Pd.
- Ust. Rahmat Mulya Nugraha, M.Pd.
- Ust. Faiz Azhari, M.Pd.

     Pada materi yang disampaikan oleh Ust. Agus Riyadi, M.Pd. yaitu Pembelajaran Maharah Lughowiyah melalui media elektronik pada zaman ini. Dimana poin-poin yang disampaikan terkait dengan Pengertian Pembelajaran Elektronik menurut para pakar, Tujuan-tujuannya, Jenis-Jenisnya, Istilah-Istilah yang berhubungan dengan Pembelajaran Elektronik, Karakteristik Pembelajaran elektronik, dan menerangkan secara global bagaimana hubungan pembelajaran elektronik dengan empat Maharah Lughowiyah (Kamahiran Berbahasa). 

     Beliau juga menekankan untuk merubah mindset mahasiswa yang asalnya manual menjadi digital. ومن الخصائص الخاصة في التعليم الإلكتروني هو تغيير التفكير من الفكرة التقليدية إلى الفكرة الإلكترونية.

     Dan dilanjut dengan materi yang disampaikan oleh Usth. Yulianti Hasani, M.Pd. Beliau menerangkan dengan lebih spesifik lagi tentang pembelajaran elektronik dari salah satu Maharah yaitu  Maharah Istima` (Kamahiran Mendengar). Dimana maharah ini yang paling utama dipelajari dari keempat maharah. Dan diterangkan juga bagaimana anak kecil menyerap untuk menyampaikan/mengucapkan suatu kalimat dengan diawali oleh pendengaran.

     Dan disampaikan juga hambatan-hambatan dalam Maharah Istima`. Termasuk kebosanan yang menjadi hambatan kemahiran mendengar ini. Serta membutuhkan semangat dalam berfikir. Dan disampaikan juga perbedaan pengertian antara السمع، السماع، الاستماع، الإنصات، التدبّر. 

     Sebelum mengakhiri materinya, Ustadzah Yulianti menerangkan juga pentingnya Maharah Istima` dalam kehidupan sehari-hari. Baik bagi Anak Kecil, kalangan remaja, dewasa, dan kalangan tua pun penting baginya maharah istima`. Dan menyimpulkan materinya dengan kesimpulan sebagai berikut “إنّ البيئة الصحيحة لتعلّم اللغة تسرّع اللغة”

     Setelah Ustadzah Yulianti menyampaikan materinya, dilanjut oleh Ustadz Faiz Azhari menyampaikan materi tentang pembelajaran elektronik dalam Maharah Qiro’ah. Beliau menyampaikan apakah membaca itu penting atau tidak? Apa alasannya?. Beliau menyebutkan alasannya ada dalam Surah Al-‘Alaq ayat 1. Serta bukan hanya untuk dibaca saja, tetapi untuk diketahui, dipahami, dan diamalkan serta penyesuaian dengan perkembangan  zaman.

     Dan menjelaskan komponen pembelajaran elektronik diantaranya yaitu harus ada sarana, seperti wifi, kuota, Server, dan lain sebagainya, Dosen dan mahasiswa, serta konten atau materi yang disampaikan oleh dosen atau guru. Tidak ada ketiga komponen tersebut, maka tidak akan berjalan pembelajaran elektronik.
Adapun pemateri yang terakhir yaitu Ustadz Rahmat Mulya Nugraha. Beliau menyampaikan materi tentang pembelajaran elektronik untuk Maharah Al-Kitabah. Diantara poin-poin materi yang disampaikan yaitu pengertian Maharah Al-Kitabah atau kita bisa sebut Kemahiran Menulis. Dan pengertian Maharah Al-Kitabah yaitu praktek yang dilakukan seseorang dari bentuk ucapan ke bentuk tulisan. Juga disampaikan pengertian Maharah tersebut menurut Ibrahim ‘Ali. 

     Beliau juga menyampaikan tata cara penggunaan Aplikasi Mendeley di laptop untuk memudahkan membuat karya ilmiah, tugas makalah, penelitian, dan tugas akhir (skripsi). Juga cara membuat footnote, kutipan, daftar pustaka, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan penulisan karya ilmiah. (SB)

 


Share: